Rabu, 25 November 2015

Android Emulator Menggunakan Genymotion

Genymotion merupakan proyek emulator android open-source (but not free at all) yang sangat cepat menurut saya. Saya tidak tahu pasti arstektur apa yang digunakan sehingga membuat dia cepat, tetapi saya menangkap hal tersebut dikarenakan Genymotion menggunakan konsep Virtual Machine (VM). Berbeda dengan AVD dan BlueStacks yang merupakan aplikasi biasa yang berjalan didalam sistem operasi (operating system atau OS) yang kita gunakan, Genymotion merupakan VM sehingga seperti memiliki sistem yang berjalan sendiri (OS inside OS atau Guest OS).


  Cara Mudah BBM lewat PC/Laptop Dengan Genymotion Terbaru 2014 Versi 2.0.3
     Buat anda yang sering gagal instal dan menjalankan Genymotion di PC/Laptop Anda mungkin ada baiknya anda simak baik-baik langkah demi langkah cara instal nya.
Sebelum kita mulai perlu anda ketahui dulu Specifikasi PC/Laptop anda karna File yg akan kita Instal ini lumayan besar. Pastikan RAM anda  minimal 1GB ,Processor 1,8 Ghz keatas agar PC/Laptop anda nantinya  tidak menjadi berat .
Langsung aja kita mulai persiapannya ya :

1. Download  JAVA terbaru untuk PC/Laptop Anda.Tujuannya adalah agar semua vitur Android yang ada di Genymotion bisa dijalankan PC/Laptop anda. Silahkan anda cari di Google atau kalau nggak mau  repot silahkan Download aja DISINI.  Setelah terdownload silahkan instal di PC/Laptop anda seperti biasa.

2. Anda harus daftar akun Genymotion dulu dan dapatkan Genymotion terbaru secara gratis.
  Silahkan Daftar DISINI  Klick Sign Up untuk Daftar.Lalu masukkan Alamat Email dan password Anda.
 Setelah anda berhasil Daftar Silahkan anda buka Email anda dan Konfirmasikan Email yg sudah di kirimkan  pihak Genymotion kepada anda.

 Selanjutnya silahkan masuk lagi ke www.genymotion.com dan klik "Get Genymotion".  Pilih sesuai Device Anda. Buat yang Belum Instal Virtual Box di Pc/Laptop saya sarankan PILIH yang  "Windows 32/64 With Virtual Box.  Tapi buat anda yang sudah terlanjur instal Virtual Box Di PC/Laptop PILIH yang Windows 32/64 bits aja tanpa Virtual Box ,,lihat gambar di bawah ini

     Setelah anda memilih yg sesuai Device anda si;akan Menunggu proses Download berlangsung. Selanjutnya silahkan Instal genymotion dan Virtual Boxnya di PC/Laptop.
3. Genymotion ARM Translation download DISINI
4. Google Apps   Silahkan download DISINI,,,Pilih SESUAI Versi Android Yg anda instal Di Genymotion.
5. SDK File  Jika Perlu silahkan download DISINI . Pindahkan hasil download SDK File di dalam Folder , Contoh di Drive D : SDK File. 

UNTUK LANGKAH YG KE-4 BISA ANDA DOWNLOAD BELAKANGAN SETELAH SETTING DI GENYMOTION DAN VIRTUAL BOX SUDAH BENAR.

Saatnya kita masuk ke Setting Genymotion dan Virtual Boxnya.
Buka Genymotion yang sudah di instal. Masukkan Username dan Password yang tadi anda daftarkan di www.genymotion.com.
Setelah Genymotion sudah terbuka biasanya anda akan diminta untuk menambahkan Virtual Genymotion Klick saja OK atau Klick ADD untuk menambah Device Androidnya,lihat gambar:
:

 
  
Sekarang Virtual Devices nya sudah tersedia gratis untuk anda ,tinggal anda pilih salah satu .
 Disini saya sarankan anda memilih Device yang paling atas dulu karna lebih ringan untuk PC/laptop anda yaitu Galaxy Nexus 4.1.1. API 16 720x1280. Lanjut Klick NEXT  tunggu sampai proses Download selesai. Proses download mungkin akan sedikit berlangsung lama tergantung kecepatan Koneksi Internet dan PC anda.       
      Setelah selesai.Klik Setting pada Genymotion lalu Virtual Box lalu Browse dan cari SDK file yg tadi di download,contoh saya menaruh di D/MY GENYMOTIN/sdk lalu klik Choose Lihat gambar (Click Untuk Memperbesar) 



 Seterusnya ADB dan Misc  Lakukan Setting yang sama  dan biarkan dulu.
  Sekarang tinggal Setting Virtual Boxnya,,Buka Virtual Box nya lalu klik Setting.

    

Klik Pengaturan/setting "UMUM" sesuaikan dengan OS anda,,Contoh saya Menggunakan Microsoft Windows Windows 7.
  Selanjutnya Setting "System".Sesuaikan Memory Ram jangan terlalu besar memberiikan RAM karna akan berdampak buruk terhadap kinerja pc anda nantinya  CUKUP 512 MB.
   Seterusnya "PROCESSOR" Jangan Berikan 2 CPU yg tersedia di settingan Devault,,CUKUP 1CPU SAJ,karena kalau anda memberi lebih akan berdampak buruk pada PC anda ketika disuruh menjalankan Genymotion.
    Yang Terakhir yang perlu di setting adalah "Display" atau "Tampilan". Terutama pada settingan Video.Settingan video Devaultnya biasanya sekitar 4MB,sungguh terlalu kecil untuk menjalankan grafik di android PC anda,setting setidaknya 32MB atau 64MB jangan terlalu besar.
    Setelah semua Setting sudah benar silahkan klik OK.Sekarang saatnya menjalankan Virtual Device nya.
Klik Start ATAU MULAI dalam bahasa Indonesia lihat gambar


 




     Selanjutnya Buka Genymotion anda dan klik Play.Kalau pertama di buka  muncul Error atau tidak bisa di buka silahkan Close  dulu lalu coba buka kembali Genymotion anda,seperti ini :


   
 


 

  

     
  Genyomtion Android anda masih ada yang kurang.  Sebagai perbedaan antara Genymotion versi lama yaitu versi 1.0.3 dengan yang sekarang versi 2.0.3 adalah di bagian Google applikasinya dimana yg versi terbaru tidak menyertakan Google App di setiap Virtual Devicenya.  
 kita bisa menginstal google app nya secara manual.
        Lihat kembali langkah ke-3 diatas,silahkan buka file ZIPnya yaitu 
Genymotion ARM Translation yang tadi sudah anda Download.
Caranya sangat mudah buka Folder tempat anda menaruh Genymotion ARM Translationnya lalu Drag ke layar Androidnya pada posisi Home Menu. 




CARA BBM di PC/Laptop Dengan Genymotion versi 2.0.3
Selamat siang sobat blogger semuanya..kali ini saya akan coba share mengenai cara instal BBM di Pc atau Laptop dengan menggunakan virtual genymotion.
  Genymotion yg kita pergunakan adalah yg versi terbaru yaitu Genymotion 2.0.3.
Bahan-bahan yg diperlukan adalah
1. Genymotion
2. Virtual Box
Anda bisa download langsung di situs resminya www.genymotion.com   Silahkan daftar dulu disana klik Sign up lalu masukkan email dan password anda setelah itu Konfirmasi email anda dengan membuka email anda,lalu masuk lagi ke www.genymotion.com dan download genymotion nya.
Pilih yg sesuai Device anda,Saya sarankan pilih yang Genymotion 2.0.3 with virtual box,jika anda pengguna OS 32 maka pilih yg Os32.
   Setelah semuanya sudah sesuai dgn spec Device anda mulailah mendaownload. Proses download mungkin akan berlangsung lama,tergantung kecepatan internet atau komputer anda.
  Saya sarankan Spec minimal PC/Laptop anda Ram minimal 2GB,Processor 2 GHz keatas Dual Core.
Download Java terbaru agar virtual genymotion bisa berjalan.
  Ok kembali ke proses download genymotion tadi,kalau semuanya sudah terdaownload silahkan Instal Genymotin dan Virtual Box nya seperti biasa.
   Setelah selesai semua silahkan buka Genymotion anda biasanya pertama kali dibuka dia akan meminta username dan password,masukkan aja email/username dan password yg anda masukkan sewaktu mendaftar di genymotion tadi. Kalau Genymotion sudah terbuka,sekarang saatnya menambah virtual device genymotion nya biasanya berbentuk file ova,Caranya klik Add pada Genymotion lalu pilih salah satu Device yg tersedia,contoh kita pilih Nexus 4.2.2 17 API lalu klik Next dan tunggu sampai proses download selesai,mungkin akan sdikit lama karna ukuran filenya yg lumayan besar sekitar 150-200 MB tergantung Device yang anda pilih tadi. Tapi kembali lagi ke jaringan internet dan kecepatan komputer anda.
   Langkah selanjutnya setelah semuanya terdownload adalah silahkan dibuka Device yg sudah di download tadi. Klik Play tunggu sampai Virtual Androidnya terbuka,kalau anda gagal membuka atau ada error gitu,silahkan ditutup dulu baru coba buka kembali. Jangan lupa setting Genymotionnya juga,pilih ukuran gambar terkecil dulu misalnya 400x800 160 dpi klik Ok lalu play kembali. Kalau sudah terbuka berarti anda sudah punya android sendiri di dalam Pc/laptop anda. Untuk BBMnya silahkan cari sendiri di google banyak kok,cari BBM APK yang terbaru lalu download. Setelah itu buka Genymotion anda pada layar Home. Lalu buka folder tempat anda menyimpan file BBM Apk tadi lalu drag ke layar Android genymotion anda jika ada pertanyaan silahkan klik OK dan BBM sudah terinstal otomatis di Android anda,silahkan buka daftar menu dan lihat apakah aplikasi BBM sudah ada,kalau sudah berarti anda tinggal menjalankannya saja.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Udah di coba sis.. Heheheee.. Sip juga softwarenya.. Jadi bisa main game lewat pc juga..
    TIps Game

    BalasHapus
  3. Di genynotion bayar gak? Punyaku bayar?

    BalasHapus
  4. Main Poker Online sambil mencari UANG??

    Gabung di S1288POKER - Agen Poker 100% Fair No BOOT !!

    Sarana bermain Poker dengan Rupiah Asli !!

    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Freechip
    - Bonus Turn Over Mingguan
    - Bonus Refferal 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 087782869981

    BalasHapus

 

Pages